Sabtu, 28 Mei 2011

Apa itu Google Adsense

www.google.com/AdSense
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Google Adsense adalah program kerjasama melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang  unit iklan yang materinya telah ditentukan oleh google dihalaman web mereka. pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukkan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs. akan tetapi, metode ini hanya berlaku untuk iklan-iklan tertentu dan dibuka di negara-nehgara tertentu pula. selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, google adsense juga menyediakan adsense untuk pencarian (adsense for search) dan iklan arahan (adsense referral)


Mengenal Istilah-istilah dalam Google Adsense
  1. Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan adsense di situs mereka.
  2. Ad units adalah iklan adsense itu sendiri
  3. Link units hampir sama dengan Ad Units, tetapi formatnya mirip dengan menu yang biasa anda temui di situs-situs web. pembeda link units dengan ad units adalah pada saat pengunjung mengklik iklan ini. pada link units pengunjung akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google. publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu ad units yang ada dihalaman tersebut. link units menghasilkan pemasukan uang lebih banyak dibandingkan dengan ad units biasa.
  4. Adsense for content adalah iklan Adsense yang dipasang pada suatu halaman. iklan-iklan yang muncul berhubungan dengan isi halaman tersebut (kontekstual). Ad Units dan link units termasuk ke dalam adsense for content.
  5. Alternate ads adalah iklan yang muncul ketika iklan utama yang kontekstual dengan isi web habis. google memperbolehkan anda memasang Alternate ads atau iklan alternatif. jika ads unitsyang dibuat telah diatur dengan menggunakan alternate ads tidak muncul, maka akan keluar iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
  6. Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada ad units, link units, adsense for search dan refferals. satu unit iklan dapat dimiliki lebih dari satu label. sebaliknya, satu label dapat digunakkan untuk lebih dari satu unit iklan. dihalaman laporan google adsense akan dikelompokkan berdasarkan channels, sehingga memudahkan publisher untuk menganalisis performa adsense mereka. umumnya, publisher akan memberikan nama channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. jika ingin lebih detail, diberikan nama channels yang berbeda pada setiap units iklan dimasing-masing situs. maksimal jumlah channels yang diperbolehkan adalah 200 kanal.
  7. Page impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang memuat ad units dibuka oleh pengunjung. nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas ad units yang ada dihalaman bersangkutan
  8. Clicks adalah jumlah klik pada ad units milik publisher. dalam hal laporan adsense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan meaupun berdasarkan ad units atau channelsnya
  9. CTR (Click Through Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu ad units dengan jumlah tampilan ad units tersebut. misalnya, satu ad units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali maka nilai CTRnya adalah 25 % (10:40)
  10. CPC (Cost Per Click) adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila ad units tertentu  diklik. nilai CPC masing-masing ad units berbeda ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. secara umum, nilai maksimalnya adalah 20 % dari nilai tawaran dinamis dari pemasang iklan
  11. ECPM (Effective CPM/Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah impresi halaman (per 1.000) yang publisher dapatkan dari iklan-iklannya. sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impresi akan memiliki CPM sebesar $4 ($200 : 50).

TTD : Software | Entertainment | Hobi Ngeblog | Artikel Bebas | Tutorial Blog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar